Consumable Code By Amirisback??Apa itu? (Part 1)

Muhammad Faisal Amir
3 min readMar 17, 2020

--

Hallo teman teman developer android semua, kali ini aku akan bercerita dan akan menjelaskan apasih Consumable Code By Amirisback. Consumable Code ini adalah project pribadiku.

Cerita awalnya seperti ini, awalnya aku ingin membuat aplikasi tertentu dimana aku butuh beberapa gambar dan mempublishnya ke Play Store, disini letak permasalahannya, ketika aku ingin mempublish aplikasiku, semuanya kena reject (tolak), akar permasalahannya adalah aku telah melanggar beberapa privay policy (yang dalam hal ini aku juga belum paham) tapi yang paling aku perhatikan ternyata setiap aplikasiku yang mengambil gambar langsung dari google search langsung kena copyright. alhasil bagaimana caranya agar aku bisa menggunakan gambar tersebut tanpa melanggar kebijakan privasi maupun hak cipta.

Suatu ketika aku memanfaatkan library Glide untuk memperbaiki kesalahanku. dengan cara aku tidak memasukkan asset gambarku dalam project melainkan hanya mengcopy link image yang telah aku dapat. Sampai disini ternyata bekerja dengan baik. Its Work Bro, aku sangat senang, ternyata dengan seperti ini aku tidak akan melanggar copyright, omong omong aku juga mencantumkan link gambar yang telah aku dapat.

Kepuasaan tak hanya berhenti sampai disitu, suatu hari aku berfikir bagaimana ya cara membuat aplikasi yang cepat dan mudah di ganti ganti tampilan tanpa memikirkan pengambilan data secara instant.

Sampai suatu ketika tiba tiba “CLING” aha aku ada ide, bagaimana kalo aku mencoba mendapatkan data dari API, “oh iya juga ya kan di beberapa Public API ada yang menyediakan gambar, dan itu gratis” ucapku sendiri.

Dari situ lah aku berpikir sepertinya enak nih bikin project android yang dapat di nikmati bukan hanya olehku melainkan oleh orang orang yang sama yang berpikir dan membutuhkan proses pembuatan aplikasi yang cepat tanpa ribet.

Inget banget pas pertama kali bikin project aku butuh banget logo club pemain sepak bola, ya udah deh aku memutuskan untuk membuat project pertamaku yang dapat di pakai di berbagai project android khususnya android. jadilah TheSportDB-API-Inject.

Aku menamai library untuk fetching data json ini menggunakan kata khusus inject, lama kelamaan aku berpikir sepertinya inject bukan judul yang tepat, “aha bagaimana kalo consumable-code”, sentakku secara tiba — tiba. consume sendiri artinya mengkonsumsi, ya benar tujuan pembuatan library ini emang untuk di konsumsi, bukan hanya untuk diriku sendiri melainkan untuk umum.

Kelanjutannya bakal aku ceritakan di part 2 stay tune ya, di part 2 bakal mamaparin semuanya tentang project ini.

Silahkan kunjungi :

- Linkedin : linkedin.com/in/faisalamircs

- Instagram : @faisalamircs

- GitHub : github.com/amirisback

Lets jump outside the box!!!

--

--