Designing Digital Product Based Company (Based My Experience | Android Programmer’s Point of Views)

Muhammad Faisal Amir
2 min readJul 26, 2020

--

Saya akan membagikan sedikit pengalaman dan saran saya ketika bekerja di dalam bidang konsultan IT, waktu itu saya mendapat role sebagai android programmer. tak perlu banyak basa basi mari kita mulai.

Yang jadi topik bahasan utama untuk artikel saya adalah team work antara team designer dan team android programmer. Beberapa pertanyaan di bawah ini akan memberikan gambaran bagaimana keluh kesah seorang programmer dalam mengimplementasikan desain yang bagus dan luar biasa, (pengalaman saya sebagai entry level).

“Mas Desainnya kok gini sih?”

“Mbak ini Export Assetnya gimana?”

“Wah behaviournya susah di terapin mas.”’

“Ini iconnya kok disini mbak? harusnya kan disitu.”

“Mas tombol uploadnya kok taruh situ biasanya kan disini”

“Ga bisa deh kayanya ini”

“Di Android ga bisa mbak kalo gini”

Hayo ngaku siapa yang sampe sekarang kaya gitu, hal diatas adalah hal yang wajar untuk seorang entry level yang baru saja masuk dunia kerja atau sering disebut dengan fresh graduate.

Dari beberapa peristiwa di atas, muncullah beberapa pertanyaan dari saya sendiri, berikut pertanyaan pertanyaan yang dapat membuat kalian sadar dan mungkin kalian harus bisa menjawabnya dengan keadaan kalian sendiri.

Apakah kita sudah membantu designer pada saat proses men-design?

Sudahkah kita mendengarkan alasan-alasan dari designer, mengapa begini dan begitu dengan design mereka?

Mungkinkah kita cenderung suka mematikan kreatifitas designer dengan langsung memberikan batasan-batasan yang tidak dapat dilakukan dari sisi teknis development?

Yang bisa menjawab pertanyaan tersebut hanya kalian para programmer, coba di kaji kembali apakah kalian sebagai programmer / developer sudahkan bersikap yang seharusnya.

Solution

  • Just do it
  • Communication
  • Increase your skill
  • Level up

Prohibited

  • Get Angry
  • Left Project

Nah sekian dulu dari saya, mudah mudahan dapat mencerahkan perseteruan yang sering terjadi antara programmer dan designer selama ini, semangat mengembangkan project kalian. XD

Silahkan kunjungi :

Lets jump outside the box!!!

--

--